Siswa SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto Jelajah Tempat Bersejarah di Mesir








Setelah menjalani padatnya jadwal kegiatan Daurah 3, siswa kelas X SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto melakukan rihlah kedua ke beberapa tempat yang ada di Kairo, Mesir pada Jumat (8/3). Rihlah ini dilakukan setiap dua pekan sekali. Sebelumnya, pada rihlah pertama siswa telah mengunjungi tempat-tempat terkenal yang ada di Mesir, yaitu Piramids, Panorama, Spinx, Benteng Salahudin, Masjid Ali Pasha, Masjid Amr bin Ash.

Pada kesempatan ini siswa diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat bersejarah lain yang masih berkaitan dengan peradapan Islam. Sebelum berangkat rihlah siswa melaksanakan tahfidz pagi terlebih dahulu. Tempat pertama yang mereka kunjungi adalah Museum Mesir. Museum Mesir termasuk destinasi wisata popular di Kairo. Museum Mesir ini menjadi rumah bagi koleksi antik bangsa Mesir kuno. Banyak peninggalan Mesir kuno yang disimpan di museum ini, terutama koleksi mumi Firaun dan benda lainnya yang dinilai sangat berharga. Hal tersebut menjadi daya tarik utama Museum Mesir yang terdiri atas dua lantai ini.

Selain  museum siswa juga mengunjungi beberapa masjid yang ada di Kairo, yaitu masjid dan Madrasah Sultan Hasan Masjid Imam Rifai, Masjid Ibnu Tulun, Masjid Al Hakim Billah. Kegiatan ini dilakukan tak lebih untuk menyegarkan pikiran siswa agar lebih relaks dalam melakukan aktivitas yang harus  mereka jalani rutinitas sehari-hari selama di Mesir.

“Alhamdulillah, senang ada kegiatan rihlah ini. Bisa refresing sekaligus menambah wawasan dengan berkunjung ke museum dan masjid yang ada di Kairo. Pertama kali juga bisa melihat mumi secara langsung, sedikit seram tetapi menjadi pengalaman baru untuk saya apalagi banyak koleksi lain tentang bangsa Mesir kuno terutama Firaun,” kata Maula Khofifah, salah satu siswa yang mengikuti Daurah 3.

Kegiatan rihlah ini tidak hanya bertujuan untuk menyegarkan pikiran siswa, tetapi juga sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan iman siswa. Apalagi di Mesir banyak sekali tempat bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan Islam dan kisah-kisah para nabi yang pernah ada negeri itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir

Pendaftaran Online Gelombang 3