Ragam Kreasi Bakso dan Salad Buah



Asah Kreativitas Siswa melalui Keterampilan Mengolah Makanan













Purwokerto- Kegiatan memasak menjadi salah satu hal yang mengasikkan untuk dilakukan. Apalagi jika kegiatan ini dilakukan bersama-sama, tentunya akan menyenangkan jika bisa membuat masakan yang enak.

Jumat lalu (19/2), siswa kelas XI SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto melakukan motivation day. Acara tersebut diisi dengan kegiatan memasak bersama dengan bahan dasar daging sapi dan buah-buahan segar. Masakan yang dibuat adalah bakso dan salad buah. Bahan yang sama boleh dikreasikan sesuka hati sesuai dengan keinginan pembuat makanan.

Kegiatan ini dipusatkan di area asrama untuk memudahkan proses memasak. Untuk membuat bakso dan salad buah, setiap siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan didampingi oleh satu guru pada setiap kelompoknya. Alat dan bahan juga sudah disiapkan untuk masing-masing kelompok. Ketika kegiatan dimulai, siswa langsung membagi tugas untuk membuat dua menu yang harus dikreasikan. Ada yang membuat adonan bakso dan ada yang menyiapkan potongan salad sesuai selera. Siswa saling membantu satu sama lain. Untuk kreasi memasak bakso, ada yang membuat bakso bakar, bakso mercon, bakso telur puyuh, dan bakso keju.

Setelah semua proses memasak selesai, siswa bersama-sama membersihkan area memasak agar bersih kembali. Kemudian dilanjutkan dengan mempresentasikan masakan yang dibuat di hadapan juri dengan menggunakan bahasa Inggris. Juri dalam acara tersebut berasal dari jajaran  manajemen yaitu Sholeh Setiaji, M.Pd. dan Emas Satriyati, S.Pd. Meskipun beberapa siswa terlihat tegang ketika presentasi, mereka mampu menyampaikan dan menjawab pertanyaan yang ditanyakan juri dengan lancar. Akhirnya diumumkan bahwa dari putra dimenangkan oleh kelompok Yudha dan kelompok putri dimenangkan oleh kelompok Hareta.



“Kegiatan ini memotivasi siswa dan memberikan ruang bagi siswa dalam berkreasi melalui masakan. Selain itu, juga bertujuan untuk mempererat kedekatan antarsiswa dan juga guru agar bertambah akrab,” kata Emas. “Kita akhiri kegiatan ini dengan menikmati hasil kreasi masakan yang telah dibuat siswa,” tambahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir