Outdoor Study : Belajar di Museum Gunung Merapi dan Ullen Sentalu


Purwokerto- Pembelajaran tidak harus dilakukan di ruang kelas agar siswa belajar memahami sesuatu secara langsung. Mengalami sendiri tentu memberikan kesan yang berbeda pada diri siswa. Siswa dapat menemukan hal baru dari apa yang mereka lihat dan alami. Outdoor study menjadi salah satu program yang  mewujudkan hal tersebut. Pada Rabu (10/4), siswa SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto melaksanakan kegiatan outdoor study bertema "Menggali Potensi Diri melalui Alam dan Budaya".

Tujuan outdoor study kali ini adalah Museum Gunung Api Merapi yang berada di wilayah Sleman, Yogyakarta. Museum ini merupakan museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, mitigasi bencana, aspek sosial budaya, informasi terkait gunung berapi dan peristiwa geologi.

Tidak hanya mengunjungi Museum Gunung Api Merapi, siswa juga mengunjungi Museum Ullen Sentalu yang kental dengan kebudayaan Jawa dan keindahan alam kaki Gunung Merapi. Di sana siswa melihat secara langsung gambaran kehidupan kerajaan Mataram melalui koleksi syair, filosofi, batik, serta berbagai foto dan lukisan.

Dalam pelaksanaannya siswa dibekali lembar kerja siswa (LJK) yang dikerjakan secara berkelompok. Ada beberapa mata pelajaran yang masih berkaitan dengan kunjungan dua museum ini, yaitu bahasa Inggris, pendidikan kewarganegaraan, sosiologi, sejarah dan matematika.

"Setidaknya ada suasana baru yang dialami oleh siswa dengan belajar di museum. Pengalaman belajar seperti ini juga dirasakan lebih rileks dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap apa yang diamati," kata Dewi Puspitasari sebagai ketua panitia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir