Siswa AABS Turut Semarakkan Festival Islam Soedirman 2018
          

Purwokerto – Kaligrafi merupakan media penyampaian pesan dalam Alquran.  Kaligrafi menjadi salah satu cabang lomba yang diadakan oleh UKM Seni Islam dan Alquran Universitas Jenderal Soedirman. Kali ini dua siswa SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah telah membuat kaligrafi untuk Festival Islam Soedirman 2018 di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Sabtu (10/11).

Dua siswa yang memiliki bakat membuat kaligrafi adalah Chaerunisa Dwi Amalia dan Hafiyyan Muhammad Rasyad. Mereka telah membuat kaligrafi kontemporer. Kali ini mereka membuat kaligrafi dengan tema yang bebas. Meskipun bebas, kaligrafi yang dibuat harus tetap sesuai  ketentuan yaitu memperhatikan kombinasi gaya seniman dan gaya tulisan dengan paduan ayat Alquran. Akan tetapi, karya kaligrafi mereka belum dapat maraih kejuaraan dalam Festival Islam Soedirman 2018. Meskipun demikian, mereka tetap bersemangat  mengembangkan potensi yang mereka miliki untuk meraih prestasi di lain kesempatan.

Chaerunisa mengatakan ia memang suka melukis dan membuat kaligrafi. Amel telah membuat sebuah kaligrafi kontemporer jenis khot tsulus berisikan ayat Alquran. Ia melukis kaligrafi dari salah satu ayat Surat An Nur.

Keikutsertaan siswa dalam lomba kaligrafi dapat dijadikan wujud pelestarian kesenian kaligrafi. Hal ini diharapkan mampu menginspirasi siswa dan membuat siswa senang dengan seni, terutama seni kaligrafi. Selain itu, seni kaligrafi juga bisa digunakan sebagai media dakwah karena kaligrafi yang dibuat berkaitan dengan ayat suci Alquran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir

Pendaftaran Online Gelombang 3