Siswa Boarding Bangun Motivasi Belajar Fiqih di Masjid Sulthan, Mesir


Berkunjung ke Mesir merupakan keuntungan besar bagi para siswa XI SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Terutama keuntungan mudahnya membangkitkan semangat belajar agama. Hal ini diungkapkan oleh Ustazah Sarah Abdurrahmah, Lc., guru pendamping siswa putri.
“Di Mesir, penduduknya sangat menghormati para pencari ilmu, sebagaimana mereka menghormati para ahli ilmu. Di sini pula banyak ditemui mahasiswa memanfaatkan waktu untuk belajar, dan umumnya warga berjalan cepat karena tak ingin menyia-nyiakan waktu,” terang Ustazah Sarah Abdurrahmah yang merupakan alumni universitas terbesar di negeri ini Universitas Al Azhar, Kairo.
Demikian pula saat para siswa diajak ke Masjid Sulthan Hasan di daerah Darrasah. Tak hanya untuk salat saja, namun juga berkesempatan menikmati suasana khidmat di masjid yang juga dikenal sebagai madrasah 4 madhab fiqih.
Masjid yang berusia lebih dari 700 tahun ini berada dekat kampus Al Azhar, sehingga para siswa pun dapat bercengkrama dengan para mahasiswa asal Indonesia maupun dengan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.
“Berada di masjid Sulthan dan dekat kampus Al Azhar cukup efektif untuk membangun motivasi siswa untuk belajar agama. Mereka banyak mendapat dukungan dan masukan dari para mahasiswa dan cukup membuat mereka gembira. Semoga, para siswa ini kelak dapat meneruskan kuliah di tempat-tempat semacam ini,” lanjut ustazah. [Qomaruddin]


Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir