Pramuka AABS, Faith Meets Nature

Awal bulan ini, para penggalang dan penegak SMP-SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto bersemangat mengikuti perkemahan. Kegiatan yang diselenggrakan di Bumi Perkemahan Baturraden tampak benar-benar menyita antusias dan kegembiraan mereka.



“Perkemahan ini adalah puncak latihan pramuka pada tahun ini. Tentu ini kesempatan bagi setiap pramuka untuk membuktikan capaian pengetahuan dan keterampilan kepanduanya,” ungkap Alex Nanang Agus Sifa, S.UD., pembinan sekaligus mudir/pimpinan AABS.

Kegiatan ini bertema Faith Meets Nature, menggambarkan keimanan yang berjumpa dengan alam. Yakni bertambah kuatnya keimanan saat berada di alam terbuka, menyadari setiap manusia adalah bagian dari alam semesta, namun memiliki tugas penting sebagai penjaga kelestarian alam, juga sebagai juru dakwah bagi sekalian manusia.

“Perkemahan menyadarkan tentang arti pentingnya kekuatan fisik dan kerjasama. Tentang keberanian dan kreatifitas, juga tentang bagaimana menyiapkan mental untuk menjadi bagian dari masyarakat,” tegas Alex.

Menurutnya, Faith berarti keimanan. Supercamp ini bertujuan untuk mengajak siswa mentafakkuri ayat-ayat kauniyyah Allah yang tersebar di muka bumi ini yang salah satunya adalah hutan beserta atributnya; segarnya udara, pepohonan yang menjulang tinggi ke atas, hamparan rumput yang senantiasa bertasbih kepada Allah, kicauan burung, suara jangkrik semuanya membuktikan bahwa kita memiliki Tuhan yang Maha Berkuasa.



“Semua kegiatan dilengkapi dengan pemahaman keimanan. Sebagaimana kegiatan api unggun yang diisi dengan nasihat penting bahwa api merupakan tanda kebesaran Allah Swt. Di satu sisi api dapat sebagai gambaran semangat manusia, Namun di sisi lain, api juga menggambarkan murka Allah Swt., yang dengan api pula kelak Allah Swt. akan menyiksa hamba-hambaNya yang angkuh yang mengedepankan hawa nafsu. Dan kala itu, manusia lah yang menjadi bahan bakar api neraka,” lanjut Alex.

Para siswa tampak senang saat diajak menjelajahi hutan Baturraden, mereka seolah tak merasakan lelah meskipun harus berjalan kaki menyusuri setapak dan menjawab beragam tantangan di setiap pos yang mereka lalui.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi regu dan pramuka terbaik. Regu terbaik putri diraih oleh Regu Pendobrak yang diketuai oleh Aisyah Qowlan (Siswi SMA AABS kelas X), dan Regu terbaik putra diraih oleh regu Penegas yang diketuai oleh Hafidz Afdhalul Ihsan (Siswa SMA AABS kelas X).

Ada pula pramuka teladan yang dapat dijadikan contoh dalam semangatnya, kedisiplinannya, kerja kerasnya selama kegiatan pramuka dan supercamp. Pramuka teladan tersebut adalah Khairunnisa Ghina (siswi SMP kelas VII) dan Hafidz Afdhalul Ihsan (siswa SMA kelas X).

“Semoga kita semua dapat mengambil hal-hal positif dari segala hal yang Allah sebarkan di muka bumi ini. Dan sampai bertemu kembali di supercamp pada tahun depan. Salam Pramuka,” kata ustaz Alex saat menutup acara.[Sarah]

www.boardingalirsyadpwt.sch.id
#alirsyad #alirsyadpurwokerto #pesantrenalirsyad #pesantrenalirsyadpurwokerto #alirsyadboardingschool #boardingschool #boardingschoolpurwokerto #purwokerto #sekolahterbaik #baturraden #buperbaturraden #aabspwt

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir