Siswa Boarding dapat Melanjutkan ke Mesir

SMP-SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto tampaknya serius untuk membuka jalan agar siswa dapat melanjutkan kuliah di Al Azhar, Kairo, Mesir. Sebagaimana diungkapkan oleh kepala sekolah Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.UD saat mengunjungi Kampus Al Azhar, Rabu kemarin (15/3).

Ustaz Alex berkunjung ke Mesir sejak Jumat pekan lalu ditemani ustaz Nur Hamdan, Lc selaku kepala biro SDM dan Biah Islamiyyah LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Kesempatan untuk kuliah di Al Azhar cukup besar, terutama karena standar calon mahasiswa yang dibutuhkan serupa dengan target minimal yang disiapkan AABS. Tinggal bagaimana sekolah menyesuaikan schedul pendaftarannya” terang ust Alex.

Dia menuturkan sering bertemu mahasiswa Indonesia dalam kunjungannya ke kampus Al Azhar, bahkan sempat berjumpa dan bercengkrama dengan mahasiswa asal Banyumas.

Sebelum berkunjung ke Universitas Al Azhar, keduanya bahkan telah berhasil bertemu dengan para pimpinan lembaga-lembaga pendidikan, termasuk empat markaz (pusat lembaga) top di Mesir. Keempat lembaga ini yaitu; 2 Markaz bahasa arab Nile Center (Markaz Neil) dan Lisanul 'Arab. Kedua lembaga ini adalah markaz yang paling terkenal dalam pembelajaran bahasa Arab. Para pelajar di kedua lembaga ini berasal dari berbagai negara di dunia.

Kemudian, 2 markaz tahfidzulquran: Ma'had Wahah al Qur'an dan Markaz Prof. Dr. Ahmad Isa al Mi'sharawi. Kedua lembaga ini memiliki target siswa menghafal Al Qur'an 30 juz. Di samping itu, para pengajar/syekhnya juga sudah memiliki sanad, yakni memiliki kemampuan bacaan yang sama dengan bacaan Rasulullah Muhammad saw dan dibuktikan dengan sertifikat.

Terlebih markaz Prof. Dr. Ahmad Isa al Mi'sharawi yang merupakan tokoh besar yang memiliki karya kitab tentang ilmu tajwid, qiroat dan ulumul qur'an.

“LPP mengirim kami ke Mesir dalam rangka menjajaki kerjasama pendidikan, yakni agar terbuka kesempatan bagi siswa untuk belajar Al Quran dan Bahasa Arab di Mesir langsung kepada para ulama,” ungkap ustaz Alex. “Termasuk nantinya selepas lulus dapat melanjutkan kuliah ke Al Azhar Kairo” lanjutnya.[] www.boardingalirsyadpwt.sch.id #alirsyad #alirsyadpurwokerto #purwokerto #sekolahterbaik #pesantren #boardingschool #indonesia #indonesiamesir #pendidikanindonesia #pendidikan #sekolahislam #pesantrenalirsyad #boardingschoolalirsyad


Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir