Masjid Sultan Hasan – Kairo, Mesir

Bangunan Islam Arsitektur Megah
Masjid ini terletak di bundaran Sholahuddin berhadapan dengan pintu Al ‘Izb, belakang benteng Shalahuddin. Masjid yang dahulunya merangkap sebagai madrasah ini adalah masjid yang paling megah dan besar di Mesir, paling tinggi bangunannya, paling indah bentuk dan modelnya.
Jikalau mesir pada zaman Fira’un boleh bangga dengan piramidnya, maka Mesir pada era Islam berbangga dan ta’ajjub dengan Masjid Sultan Hasan.
Masjid ini memiliki ukuran yang sangat luas sekali hampir mencapai 7906 meter persegi. Berbentuk persegi panjang melengkung. Pintu masuk utama terletak di ujung barat berhadapan dengan arah selatan. Tingginya mencapai 37,70 M sisi-sisi pintu utama ini dihiasi dengan aneka ragam ornamen yang membentang ke atas. Kebanyakan masih belum sempurna sampai sekarang.
Pintu utama ini dilapisi oleh batu marmer tertulis diatasnya dengan Khot Kufi bermotif bunga firman Allah ta’ala :
إنا فتحنا لك فتحا مبينا ليغفرلك الله
Diatasnya lagi terdapat dua persegi termaktub pada salah satu dari keduanya dengan khot Kufi persegi empat (( لا إله إلا الله )), satunya lagi tertulis nama-nama Khulafaurrosyidin ( أبو بكر. عمر . عثمان . علي )
Saat ini, masjid Sultan Hasan masih tetap dijadikan sebagai tempat ibadah berupa sholat lima waktu, dan sholat Juma’t dan sebagai Khotib tetap masjid ini dahulunya syekh Ali Jum’ah, Mufti Mesir dan sekarang diganti dengan murid beliau Syekh Usamah Al Azhari. Dan setelah sholat jum’at biasanya terdapat pengajian tafsir Al Qur’an yang diisi oleh Syekh Ali Jum’ah.
Disamping itu, masjid ini salah satu dari obyek kunjungan para turis mancanegara terlebih lagi presiden Obama yang sempat menginjakkan kaki ke dalam masjid ini beberapa waktu yang silam dalam rangka pidato bersejarahnya yang pada waktu itu disampaikan di Universitas Cairo.
Foto: Ust Alex Nanang AS (Kepala AABS Purwokerto) dan ust Nurhamdan, Lc (Kepalq Biro SDM Lpp Al Irsyad Purwokerto)
Laporan ust Alex Nanang, langsung dari Kairo, Mesir.





Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir