ADAB KEPADA ALLAH SWT


πŸ“š Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.Ud
Pengasuh Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto

πŸ‘‰ Adab pertama yang harus muncul dalam diri kita adalah adab kepada Allah Swt. yakni adab kepada sang pencipta dan pemberi segala sesuatu. Yang dengan kasih sayang-Nya menanamkan iman di hati kita dan memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18)

❓ Apa saja bentuk adab kita kepada Allah Swt. ?
1⃣    Senantiasa takut kepada Allah dan mengisi hari-hari dengan penuh ketaatan.
“Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan” (QS. An Nahl: 19)
2⃣    Senantiasa menyandarkan hidup kepada Allah.
“Sesungguhnya aku bertawakal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melata pun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus." (QS. Hud: 56)
3⃣    Senantiasa mengharapkan rahmat Allah dalam setiap doanya
“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (QS. Yusuf: 87)
4⃣    Senantiasa takut akan siksa-Nya yang pedih
“Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras,” (QS Al Buruj: 12)
5⃣    Senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran : 190-191)
6⃣    Senantiasa mendahulukan Allah
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS Al Hujurat: 1)
7⃣    Selalu berbaik sangka kepada Allah SWT
“...Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. ..." (QS Al Baqarah: 185)

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya... “ (QS Al Baqarah: 185)

Marilah kita tutup kajian singkat ini dengan berdoa kepada Allah:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir" (QS Al Baqarah: 185).

Alex Nanang Agus Sifa, S.Ud.
Alumni Gontor, Penulis Buku
Mudir / Pimpinan Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto

www.boardingalirsyadpwt.sch.id
πŸ“±info: 081573190720 (call/WA/SMS)

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir

Pendaftaran Online Gelombang 3