SISWA AABS (Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto) MENGHAPAL DI ALAM TERBUKA





Bagi para siswa menghapal adalah sebuah rutinitas wajib yang pasti dilakukan, terlepas dari apa yang ia hapal; bisa jadi menghapal rumus, definisi sebuah istilah, nama tanggal seorang tokoh dan lain sebagainya. Demikian juga dengan para siswa AABS (Al-Irsyad Al-Islamiyyah Boarding School) yang memiliki cara unik dalam menghapal, namun apa yang mereka hapal bukanlah rumus atau isi dari sebuah mapel, yaitu sesuatu yang lebih mulia yang dapat menghanarkan mereka untuk menguasai dunia dan akhirat, ayat-ayat Allah yang termaktub dalam kitabNya Al-Qur`an. Keunikan ini terkait dari tempat yang dipilih untuk menghapal yaitu lokal wisata batu raden!
Fenomena ini memang sangatlah langka, di mana orang-orang menikmati keindahan alam batu raden dengan aneka santapan di samping mereka, maka para siswa menggenggam erat Al-Qur`an dan mulai menghapal. Tentu saja energi yang terbentuk sangatlah berbeda dibandingkan tatkala mereka menghapal di dalam kelas. “ternyata menghapal di alam terbuka sangatlah mengasyikkan, ujar salah seorang siswi AABS. 


Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa menghapal di alam terbuka ini mengasyikkan. Pertama, sirkulasi udara yang pasti sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan kondisi yang fresh dan nikmat udara segar dapat kita hirup di alam terbuka, maka ini akan berdampak ada stamina tubuh kita saat menghapal. Kedua, singkronisasi antara dua ayat-ayat Allah (ayat kauniyah yaitu alam dan ayat qauliyah yaitu Al-Qur`an) yang membuat hati lebih luluh sehingga kepatuhan terhadap Allah Swt. lebih besar. Tatkala hati tenang dan menyadar bahwa kita kerdil di hadapanNya, maka otak pun akan lebih mudah dalam menghapal ayat-ayatNya. Ketiga, Anda bisa mengekspresikan gaya Anda menghapal saat berada di alam terbuka dengan lebih baik dibandingkan saat Anda di dalam kelas. Bagi yang terbiasa berjalan-jalan saat menghapal maka di alam terbuka ini Anda dapat berjalan ke mana pun saat menghapal tanpa mengganggu siapa pun. Yang senang menyendiri, duduk rapih dalam menghapal pun demikian. Keempat, terjauhi dari kemungkinan merasakan jenuh atau boring saat proses menghapal, karena tatkala rasa jenuh itu muncul, ia dapat mengalihkannya dengan melihat keindahan alam sekitar yang didominasi oleh warna hijau yang akan berdampak pada ketenangan hati.



Nah, Kami para siswa siswi AABS sudah mempraktekkan sebuah semboyan, bahwa belajar dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun caranya. Dengan mengenalkan bahwa dimanapun kita bisa mengisi waktu dengan positif dan tidak usah malu untuk senantiasa membawa Al-Qur`an sebagaimana kita selalu membawa hp ke mana pun kita pergi, harapannya para siswa siswi AABS dapat mengenalkan kepada para masyarakat bahwa kita mempunyai sebuah buku panduan hidup yang selama ini sering kita lupakan. Mulailah untuk membuka kembali, membacanya, mentadabburi isinya, menghapalnya lalu mengamalkannya.
Bagi yang penasaran bagaimana sensasi menghapal Al-Qur`an di alam terbuka, silahkan jangan ragu lagi untuk merencanakan week end Anda ke sebuah lokasi pariwisata dan bawalah Al-Qur`an, dijamin Anda akan ketagihan !.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir

Pendaftaran Online Gelombang 3