BOARDING SCHOOL SCHOOL: A Center of Excellence



Alhamdulillah, sebuah ungkapan syukur yang sudah seharusnya diucapkan oleh tim SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Dengan semakin dekatnya tahun ajaran baru 2016/2017, peminat SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto semakin hari semakin bertambah.
Kehadiran SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sepertinya memang dirasa tepat. Penyelenggaraan akan pendidikan yang menyeluruh, integratif dan mencakup sisi-sisi intelektual, sosial dan spiritual peserta didik menjadi hal yang tidak bisa ditunda lagi. Hal ini tentunya didasarkan pada semakin besarnya minat para orang tua terhadap pendidikan dengan sistem Boarding. 

Terbukti, dari informasi yang didapatkan dari panitia Penerimaan Peserta Didik (PPD) LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, calon peserta didik SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto hingga bulan Maret 2016 semakin meningkat jumlahnya. Mereka datang dari daerah yang beragam, bukan hanya dari daerah Banyumas sekitarnya, tapi juga dari Tegal, Bandung, Jakarta, Sukabumi, bahkan ada yang datang dari luar jawa, seperti dari Kalimantan, Sumatra, dan Papua. Hal ini menunjukkan bahwa SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang baru akan berdiri sudah menunjukkan eksistensinya di mata publik Nasional.
SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mencoba untuk menyelenggarakan pendidikan yang bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki 4 keunggulan sekaligus, yaitu: Tahfidz Al Qur’an, Bahasa Internasional, Scince dan Character Building (leadership). Untuk mencapai hasil tersebut, maka SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerapkan sistem pendidikan yang integratif sekaligus komprehensif.
Pendidikan Integratif
Istilah integratif secara bahasa berarti penyatuan hingga menjadi kesatuan utuh atau bulat. Artinya, integratif berarti tidak ada istilah dikotomi atau pemisahan. Segala sesuatunya ada kesatuan dan tidak terpisah-pisah.
Apabila kata integratif disandingkan setelah kata pendidikan (menjadi “Pendidikan Integratif”), berarti setidaknya mencakup tiga komponen penting pendidikan, yaitu integratif yang mencakup kurikulum, peserta didik dan pendidik atau guru.
Artinya, pendidikan integratif adalah pendidikan yang melihat berbagai macam sisi-sisi dan hal-hal yang terkait pendidikan dan berusaha menyatukan serta memadukannya. Sehingga, setiap bagian yang ada di lingkungan pendidikan menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan.
Integratif juga dapat diartikan sebagai keterpaduan antara intra, ekstra maupun ko-kurikuler dalam satu kesatuan. Sehingga mampu secara konsisten memadukan tripusat pendidikan (pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam satu sistem (Boarding System). Selain itu, integratif juga berarti memadukan antara keunggulan sistem pendidikan pesantren dan sistem pengajaran sekolah dalam satu paket. Juga termasuk mengintegrasikan antara iman, ilmu dan amal, antara teori dan praktek dalam satu kesatuan.
Pendidikan Komprehensif
Komprehensif artinya bersifat menyeluruh dan komplit, mengasah semua potensi kemanusiaan (spiritualitas, intelektualitas, mentalitas, serta fisik) menuju kesempurnaan. Dalam kurikulum pengajaran, menekankan pada keseimbangan antara ilmu agama dan umum, mencakup semua ilmu yang bersifat metodologis maupun bersifat material dan juga tidak mengenal sistem dikotomis ilmu pengetahuan.
Seluruh peserta didik dibimbing, dilatih dan didampingi dalam menjalani tata kehidupan yang ada di Boarding selama 24 jam secara menyeluruh. Hal ini juga menjadi sarana pendidikan yang efektif bagi peserta didik. Karena para peserta didik diikutsertakan dan terjun langsung dalam proses pendidikan.

Adapun yang menjadi sarana utama dalam pendidikan di SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto adalah keteladanan (qudwah), pembelajaran (ta’lim) serta penugasan belajar dengan berbagai macam kegiatan, pembiasaan dan pelatihan, sehingga terciptalah lingkungan (bi’ah/milieu) yang kondusif, karena seluruh peserta didik tinggal di dalam asrama dengan kegiatan yang menyenangkan, mengesankan dan sekaligus mengandung nilai-nilai pendidikan.
Di samping itu, setiap kegiatan yang terdapat di SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto ke depannya akan dikawal, disertai pengarahan, bimbingan dan evaluasi, serta diisi dengan pemahaman terhadap manfaat, sasaran dan latar belakang filosofis pendidikan. Dengan demikian seluruh dinamika aktivitas tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil optimal terhadap peserta didik.
Bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan putra putrinya di SMP-SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dapat langsung mendatangi kantor LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan sistem pelayanan “ONE DAY SERVICE” (mendaftar-seleksi-wawancara-pengumuman) dalam satu hari saja.
Oleh: Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I (Mudir SMP-SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto)  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir