BOARDING SCHOOL SCHOOL: A Center of Excellence (Bagian III)



Diantara elemen penting, bahkan dapat dikatakan sangat penting dalam mencetak generasi muslim unggul adalah elemen pendidikan dengan berbasis keislaman atau sering dikenal dengan pendidikan islam. Pendidikan islam adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara sadar untuk menuju kedewasaan diri yang didasarkan pada konsep penciptaan manusia, yaitu adanya fitrah (sifat dasar) berupa potensi kebaikan sejak lahir. Potensi ini tidak mungkin dapat diarahkan dan dikembangkan kecuali dengan pendidikan islam yang memang sesuai fitrah manusia.
Pendidikan islam bertujuan membentuk dan membina perkembangan yang seimbang antara fungsi jiwa, akal, jasmani dan rohani yang dilakukan dengan pendekatan individu maupun kolektif. Sehingga terbentuklah manusia seutuhnya yaitu manusia yang mampu menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah sistem integratif yang mencakup seluruh aspek kemanusiaan. Yaitu sistem yang mengatur seluruh aspek kehidupan para peserta didik secara totalitas dan tidak setengah-setengah.
Untuk itulah, SMP-SMA Boarding school Al Irsyad Al Islamiyyah hadir dengan tujuan yang sejalan sesuai kemampuan, bakat dan minat peserta didik melalui pembelajaran yang islami, menyenangkan, unggul dan terintegrasi antara pendidikan agama, umum, dan teknologi terkini. Dengan kata lain mengarahkan anak agar memiliki kepribadian islami, mandiri, penuh percaya diri, mampu berimprovisasi dan menggunakan kreativitasnya dalam belajar dengan dibarengi pendampingan dan pengarahan dari para guru yang professional dan berkompetensi.
Melalui sistem boarding school maka pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum diharapkan akan membentuk kepribadian yang utuh di setiap para peserta didiknya. Pelayanan pendidikan dan bimbingan dengan sistem boarding school yang diupayakan selama 24 jam, akan diperoleh penjadwalan pembelajaran yang lebih leluasa dan menyeluruh, segala aktifitas peserta didik akan senantiasa terbimbing, kedekatan antara guru dengan peserta didik selalu terjaga, masalah kesiswaan akan selalu diketahui dan segera terselesaikan dan prinsip keteladanan guru akan senantiasa diterapkan karena peserta didik juga mengetahui setiap aktifitas guru setiap harinya. Sehingga pembinaan mental peserta didik secara khusus mudah diterapkan. 
Diantara keuntungan dari penyelenggaraan pendidikan dengan sistem boarding school adalah sebagai berikut:
Pertama, bagi orang tua yang keduanya sibuk bekerja adalah suatu nilai lebih tersendiri karena anak telah tertangani oleh para praktisi pendidikan. Hal ini lebih baik untuk perkembangan pendidikan daripada berada di lingkungan rumah yang kurang mobilitas dan penanaman disiplinnya, juga terhindar dari pengaruh buruk media maupun lingkungan masyarakat yang cenderung merusak kepribadian anak.
Kedua, bagi peserta didik, sangat dimungkinkan lebih terkondisi oleh lingkungan boarding school melalui pembinaan akhlaq dari para tenaga pendidik yang ahli sepanjang waktu terutama sela-sela tertentu, seperti waktu sepertiga malam, waktu shalat, dan menjelang istirahat. Di waktu itulah siswa mengenal hakikat kehidupan lewat pendekatan para guru dan pembimbingnya.
Ketiga, siswa lebih terjaga dari efek buruk lingkungan di luar sekolah terutama di jalan raya yang hampir setiap hari jam kedatangan dan kepulangan sekolah terjadi pandangan yang kurang mendidik. Lingkungan boarding school akan lebih steril dari berbagai hal negatif, terutama di waktu-waktu senggang. Ditambah lagi para peserta didik tetap dalam pengawasan para guru sepanjang hari yang senantiasa mensosialisasikan kehidupan islami.
Dan keempat, pendidikan dengan sistem boarding school akan lebih menekankan pendidikan kemandirian. Para peserta didik tidak lagi manja atau tergantung pada orang tua. Mereka akan terdidik dengan kegiatan-kegiatan positif, sehingga secara langsung maupun tidak langsung, mereka akan terlatih dalam kemandirian dan bahkan kepemimpinan (leadership).

Jadi, pendidikan dengan sistem boarding school adalah salah satu dari model pendidikan terpadu (integrative) yang dengannya semua aspek kebutuhan peserta didik dapat dimaksimalkan dan dioptimalkan. Dengan demikian, melalui boarding school, keinginan orang tua mendapatkan sekolah berkualitas didukung dengan lingkungan yang islami dan akhlak terpuji bagi anak-anaknya dapat terpenuhi. Bersambung….



Oleh: Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I (Mudir SMP-SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir