BOARDING SCHOOL: A Center of Excellence (Bagian I)



Secara umum, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, karakter, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, umat, bangsa dan negara.
Adapun yang dimaksud dengan pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmaniah maupun rohaniah serta menumbuh suburkan hubungan harmonis setiap pribadi dengan Allah, manusia dan alam semesta.
Berdasarkan pengertian di atas, setidaknya ada tiga pokok pikiran  utama yang terkandung di dalam istilah pendidikan, yaitu: (1) usaha sadar dan terencana; (2) mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya; dan (3) memiliki kekuatan spiritual keagamaan, karakter, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, agama, bangsa dan negara.
  Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang meliputi tiga pikiran pokok utama tersebut, LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran yang memiliki visi “Menjadi penyelenggara pendidikan Islam profesional dan unggul yang menjadi rujukan lembaga pendidikan lain,” berusaha untuk terus meningkatkan mutu, kualitas dan kuantitas di setiap aspeknya dari tahun ke tahun. Peningkatan ini mencakup baik dari sisi pengembangan sumber daya manusianya (SDM) maupun dari sumber daya alamnya (SDA) yang meliputi fasilitas serta sarana dan prasarananya.
Setelah dipercaya oleh masyarakat Banyumas dan sekitarnya dalam menyelenggarakan sekolah-sekolah Islam secara formal dari mulai kelompok bermain (Play Group) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), maka LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto pada tahun ajaran 2016/2017 menyiapkan diri untuk membuka program SMP-SMA  Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam sistem “Boarding School.”

Secara bahasa, boarding school terdiri dari dua kata yaitu boarding dan school. Boarding berarti asrama, dan school berarti sekolah. Jadi, Boarding School adalah sekolah dengan sistem berasrama, dimana peserta didik dan juga para guru serta pengelola pendidikan tinggal di asrama yang berada dalam satu lingkungan. 
Sebagaimana yang sudah diketahui, boarding, atau masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah pesantren, adalah lembaga pendidikan Islam asli (indigenous) Indonesia, yang selama berabad-abad telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan dakwah dan pendidikan Islam di Indonesia. Sebagai wadah pembentukan generasi muslim yang tangguh, boarding/asrama berdiri kokoh membentengi aqidah umat, menanamkan akhlaq karimah, membangun karakter, kepemimpinan (leadership) dan menjadi media transformasi nilai-nilai luhur serta ilmu pengetahuan.
Melalui sistem boarding/asrama, proses pendidikan akan berlangsung selama 24 jam. Dimana dalam keseharinya, para peserta didik akan mendapatkan pengajaran sekaligus pendidikan secara maksimal dan optimal dengan bimbingan sekaligus arahan langsung dari para dewan guru maupun pengasuh.
Dengan demikian, sekolah dengan sistem boarding/asrama adalah salah satu alternatif bagi para orang tua dalam rangka pendidikan berkarakter anak. Karena pendidikan dengan model boarding school merupakan pendidikan yang memadukan sistem pendidikan sekolah dan pesantren sehingga dapat dijadikan solusi bagi para orang tua yang menginginkan anaknya dapat memahami kehidupan secara utuh, bukan hanya pada pengetahuan umum tetapi juga pengetahuan agama melalui proses pembangunan karakter (character building), kepemimpinan (leadership), penguatan dalam hafalan Al Qur’an (tahfdizul Qur’an) dan penguasaan bahasa Internasional (Arabic & English). Bersambung….

 
Oleh: Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I  (Mudir SMP-SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program 3 Bulan Sekolah di Mesir